Saturday 13 November 2010

Fenomena jejaring sosial

     Facebook? siapa yang gak kenal sih, sebelum facebook populer, mr.X lebih dulu mengenal friendster, dulu kalo punya friendster rasanya gaul banget,hahahaha, sekarang kalo masih pake Friendster dibilang katrok, banyak sekarang banyak sekali jejaring social yang bermunculan, mulai dari muSpace, Plurk,foursquare,twitter dan lokal punya freenbook, masih banyak yang lainnya (mr.X gak hapal,wahahaha), menarik untuk dibahas nih, sebelumnya kita harus mengenal apa dulu jejaring sosial itu, dilanjutkan efek positif dan negatif, serta tips amannya :


apa itu jejaring sosial ?
ini mr.X ambil dari wikipedia (sebenernya wikipedia gak bisa dijadikan acuan, soalnya datanya bisa diubah-ubah oleh pengguna, tapi ya sudahlah, ini juga mr.X edit dikit)

"Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll."

Bingung? sama, mr.X juga bungung, tapi intinya adalah tempat menjalin komunikasi/bersosialisasi (dalam hal ini di internet)

Efek Positif dan Negatif :
    Seperti yang bernah mr.X baca, jejaring sosial ini bak sebuah pisau, disuatu ketika pisau digunakan untuk memasak oleh ibu-ibu untuk menyenangkan anak-anak dan suaminya, dan diwaktu yang lain pisau digunakan untuk merampok / membunuh.
  • Positif : tempat sharing,bisa punya banyak teman,relasi dan pacar (kisah nyata nih, mr.X yang ngalamin sendiri), bisa dijadikan lahan bisnis dengan membuka toko online.
  • Negatif: kecanduan (menghabiskan uang) dan bisa juga bertengkar dengan teman-teman gara-gara saling comment, seperti yang mr.X jelaskan pada efek positif,bisa dijadikan ladang bisnis, ya kalo bisnis bagus, kalo bisnis narkoba/prostitusi?
Tips aman bersosial didunia internet:
  1. Jangan pernah memasukkan data pribadi ke internet
  2. Untuk password, terkait dengan nomer 1, jangan jadikan data pribadi sebagai password, misal tanggal lahir, nama, makanan kesukaan,dan lainnya.
  3. jaga "status", maksudnya jangan mengupdate status yang dapat merugikan orang lain, jangan juga mengupdate status yang memberikan seseorang  untuk berbuat kejahatan, misal "lagi pergi ke .....", "lagi sendirian dirumah" dll,
sekian share dari mr.X , maaf kalo tulisan mr.X kacau,mr.X tau kok sobat-sobat pada pinter dan dapat menyerap apa yang telah mr.X sampaikan...


0 comments:

Post a Comment

Komentarmu ?